SHIZUOKA - Bousai Summit

Baru sebentar menginjakkan kaki di lab, dah kejadwalan berangkat lagi ke Gakusei Bousai Summit (kalo diingrisin: "Fuji Conference for the Next Generation",...jauh byanget dari terjemahan aslinya: Gakusei = Student, Bousai =Disaster Prevention, Summit=meeting). Summit ini intinya dari mahasiswa untuk masyarakat, Kira-kira gimana mengatasi masalah-masalah disaster prevention yang ada saat ini, menurut pandangan mahasiswa. Kali ini ikutan nemenin adik kelas yang kebagian presentasi. Berangkatlah rombongan ke Shizuoka dengan Kodama (salah satu bullet train, tapi termasuk yang kategori lambat karena berhenti di setiap stasiun).
suasana dalam ruangan summit
ikutan kuliah, yang didalamnya ada "mind mapping game"
bareng mahasiswa dari kubu univ lain
Isi presentasinya : Kiat-kiat bagaimana benda yang ada dalam tas bisa digunakan pada masa evakuasi. Deu..panjangnya. Adik-adik kelas ini ngasih contoh-contoh praktis penggunaan barang yang kita pakai sehari-hari (misalnya payung, saputangan, handphone dst) untuk keperluan darurat jika terjadi bencana alam.
Kebetulan tempat summitnya kali ini lumayan enak, dikaki gunung fuji. Sejauh mata memandang disuguhi pemandangan gunung fuji yang bentuknya memang sempurna. Mengingatkan pada bentuk gambar gunung yang nyaris segitiga sama kaki waktu jaman sd dulu : ).

Tempat nginepnya gak jauh dari tempat meeting di Fuji Tohoka University, salah satu univ swasta yang ada di Shizuoka. Tidur didalam ryokan (penginapan khas jepang dengan lantai tatami/tikar dan tidur pake futon/seperangkat kasur beserta selimut ala ngegelar) bersiiih sekali. Gak lupa welcoming snack yang beraneka dan menu sarapan pagi yang super sehat . Last but not least, ofuro atau pemandian ala jepang yang lengkap dengan shower serta satu kolam besar untuk berendam setelah shower. Mirip sauna, cuma ramean satu kolam. Hiyyyy....syereum mandi bareng-bareng. Aku sih kagak berani.

welcoming snack and tea
japanesse "ofuro" , yang disini adalah type public bath

Setelah nginep semalem, kembali ke rumah masing-masing. Alhamdulillah, presentasi adik-adik kali ini dapet tanggapan positif. " Very realistic" was one of the comment from an invited audience.

peserta dari kalangan mahasiswa dan staf pengajar. I am the smallest : )

Yah, secara keseluruhan meeting ini berkesan, terutama karena presentasi yang alhamdulillah lancar dan mendapat tanggapan positif. Mudah-mudahan tahun depan bisa lancar lagi!

Communication is how to make other people COMPLETELY understand what you are saying

Never change the winning team

Practise makes perfect

Working as a good team is more powerful than working alone in a team

(thanks for photos to Mayuzumi and Inagaki)

No comments: