The Damper Baby

Baru beberapa minggu lalu, kebagian tugas conference ke negeri yang katanya paling banyak mengalami Taifun (Taiwan). Kebetulan panitianya bikin paket field trip yang asyik, mengunjungi fasilitas-fasilitas yang berhubungan dengan urban disaster.

Yang lebih asyik lagi, ke Taipei 101!
Gedung tertinggi di dunia ini (500 m) dilengkapi dengan lift tercepat di dunia (37 det sampai ke tingkat 80 sekian). Memang cepetnya gak kerasa, tau-tau udah sampai di atas.

Dari atas kelihatan pemandangan kota Taiwan berikut Keelung River-nya. Oya, Keelung River ini meliputi hampir 50% Taiwan.

But yang paling menarik buatku adalah The Damper Baby.

Damper Baby, adalah sebutan buat damper yang dipasang di lantai atas Taipei 101. Bentuknya berupa bola yang tersusun dari lempengan logam. Beratnya kira-kira 100kg. Damper ini berfungsi sebagai penyeimbang Taipei 101 dari terpaan angin, sehingga orang di dalam gedung tidak merasakan tergoncang.

Memang, Taipei ternyata salah satu kota yang asyik untuk disinggahi. Orang-orangnya ramah, makanannya enak (paling enggak cocok buat lidah indonesia), seafoodnya top! Kemana-mana juga gampang karena sistem transportasi yang memadai.

(ok..ok...ngerti deh..lihat foto lebih asyik daripada baca post ya ..he..he.. ; ))


Taipei 101

The Damper Baby

Taiwan from Taipei 101

delicious!

A variety of fruits! Try some water apples

Oya, dont forget to see a picture in picture of the day!

2 comments:

Anonymous said...

waduhhh,, makanannyaa!
ka lika water apples itu jambu air ya kalo di kita?

-mona

Anonymous said...

mongomong napa jugaa namanya damper baby? ngga mirip baby..

-mona